KEMENTERIAN KESEHATAN BERMINAT TERHADAP

ALAT KESEHATAN PRODUKSI UNDIP

Rabu  – Kamis, 17 – 18 Agustus 2022

Hotel Alila Solo

Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Alat Kesehatan Produksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Perekonomian Kreatif dan UMKM – RI ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai Rabu, 17 Agustus 2022 hingga Jumat, 19 Agustus 2022 di Ballroom Hotel Alila Solo yang diikuti oleh lebih dari 20 peserta UMKM yang memproduksi alat kesehatan, 3 (tiga) perguruan tinggi di Jawa Tengah termasuk Universitas Diponegoro dan sekitar 50 (tiga puluh) lebih para produsen alat kesehatan dan alat laboratorium di seluruh Indonesia.

Diskusi panel juga digelar dengan mengangkat beberapa tema yaitu Program Pendampingan dan Perluasan Akses Pasar bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang disampaikan oleh , Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian. Strategi Branding Produk UMKM Berbasis Teknologi dan Inovasi juga disampaikan oleh narasumber dari Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UMKM.

Pada panel sesi kedua mengupas tuntas mengenai Karpet Merah Pemerintah bagi UMKM Onboading Etalase E-Catalog yang dipaparkan oleh Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP serta Programd BKPM dalam Mendorong Investasi Besar untu Bermitra dengan UMKM dalam rangka Peningkatan Penanaman Modal Dalam Negeri yang dibahas oleh Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM. Diskusi panel ditutup oleh Prof. Dr. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. dengan materi yang mendalam mengenai Strategi Pengembangan Alat Kesehatan Dalam Negeri Produksi UMKM untuk Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri.

Hari ketiga acara dibuka secara bersama-sama dengan sebelumnya memberikan sambutan yang luar biasa dari Menteri Koperasi dan UKM, Meneteri Kesehatan, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia sekaligus memberikan Sertifikat dan Penghargaan seperti Sertifikat CPAKB dan CPPKRTB, Nomor Izin Edar, dan Penghargaan bagi Rumah Sakit dengan Pembelian Alat Kesehatan Dalam Negeri Tertinggi di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam acara kunjungan pameran yang diikuti oleh Undip dengan produk-produk inovasi hasil riset para inovatornya seperti Robot Domas dan Dimas, Tangan Bionic, alat terapi pasca stroke, produk makanan dan minuman kesehatan, skin care dengan bahan organik, biskuit ibu hamil, dll mendapat kehormatan dikunjungi oleh Menteri Kesehatan dan UMKM, dalam kunjungan tersebut, bapak menteri dan jajarannya mendapat penjelasan terkait hasil inovasi Robot dan tangan bionic. Beliau sangat mengapresiasi hasil Inovasi dari Undip dalam mendukung program penggunaan produk lokal di bidang alat kesehatan. Para menteri juga berdiskusi dengan tim inovasi Universitas Diponegoro yang pada kesempatan itu dihadiri oleh: drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D., Mas Anantha Budhy Prakosa, S.T., M.Si., Yuni Nurjanah, S.S., M.A., Novian Rustamaji, S.Kom, dan Ufuk Ockynawa Juliawan, S.Kom serta Tim CBIOM3S Undip.

Kegiatan pameran tersebut juga menjadi salah satu upaya bahwa Universitas Diponegoro yang merupakan PTNBH terus bergerak menciptakan invensi teknologi dari hasil riset dan pengembangan, telah menghasilkan produk-produk inovasi di bidang kesehatan dan farmasi. Selanjutnya, Undip juga mendorong percepatan hilirisasi hasil riset, khususnya alat kesehatan dan farmasi agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekaligus merupakan wujud komitmen Undip dalam mendukung program prioritas Pemerintah untuk mewujudkan kemandirian produksi alat kesehatan dalam negeri. Upaya hilirisasi dilakukan Undip melalui kerjasama, baik dengan pemerintah maupun dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Produk teknologi unggulan yang ditampilkan pada kegiatan ini adalah produk yang  memiliki Tingkat Kesiapan Teknologi/ Technology Readiness-Level  (TRL) lebih dari atau sama dengan (>=) 7 dan siap hilirisasi.

Acara ini berlansung dengan sangat meriah dan diharapkan Undip dapat terus mengikuti perkembangan produk teknologi terkini yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia dengan menguatkan hasil riset yang siap hilirisasi dan komersialisasi. Acara ini dapat disaksikan di Youtube VIGA TV dan Dirinovki Undip. (YN & Tim Inovasi)